Header Ads

KPKS SANTO PAULUS

Cabang Tangerang

Kunjungan SEMA ke Bhakti Luhur dan Shelter Gembala Baik 16 Juli 2022


Pagi itu hujan belum tuntas. Setelah semalam hujan besar melanda Tangerang dan Jakarta, airnya masih belum semua dituangkan ke bumi. Tim yang berangkat dari rumah masing-masing, akhirnya tiba juga di Wisma Agape di Perumahan Bukit Cirendeu, Ciputat di tengah rintik hujan.


Sr. Cecilia Rukiyah, ALMA selaku pimpinan Yayasan Bhakti Luhur di situ, menyambut kami dengan hangat. Tim kami yang terdiri dari perwakilan Sema (Bu Rosa dan Pak Erik), perwakilan Angkatan 6 (Pak Warno, Pak Handi, dan Bu Evelyn) dan perwakilan Pengurus Inti (Pak Julius) diajak berkeliling wisma.


Anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dan ada yang sebagian menyandang tuna ganda menyambut kami dengan nyanyi-nyanyian gembira. Di beberapa kelas terlihat anak-anak yang sedang belajar ketrampilan: mewarnai, kerajinan kain perca, merajut dan menjahit. Anak-anak? Ternyata tidak. Mereka ada yang sudah berumur 20-an, bahkan 30-an.


Suster menceritakan sebagian kisah mereka. Mereka ada yang yatim piatu, ada yang dibawa ke sana oleh Pastor, Dinas Sosial, atau siapapun yang mengasihi mereka. Di mana keluarga mereka? Sebagian tidak lagi memiliki keluarga. Alamat yang diberikan sudah tidak bisa dihubungi lagi. Sudah pindah. Meninggalkan anak-anak ini di panti untuk selamanya.


Panti yang mestinya hanya mengasuh mereka selama masa belajar, akhirnya mesti tetap menjadi pengasuh mereka setelah mereka lulus sekolah.


Bukan salah mereka menyandang disabilitas. Tetapi hal itu membuat mereka tersisih atau disisihkan, bahkan oleh keluarganya sendiri.


Kunjungan kami pun di Sabtu 16 Juli 2022 itu, tidak bisa memberi banyak pada anak-anak ini. Kami hanya bisa turut bersama bernyanyi dan menari, memberi sedikit sentuhan kasih, serta membawakan sedikit makanan. Sungguh baik Tuhan Yesus menggerakkan para suster dari ALMA untuk menjadi tangan dan hati Tuhan bagi anak-anak ini.


Dari Bhakti Luhur, sebagian tim melanjutkan kunjungan ke Shelter Gembala Baik di Jatinegara. Kami diterima oleh Sr. Caecilia Supriyati RGS selaku pimpinan di sana.


Tempat ini adalah tempat yang melayani perempuan dan anak yang mengalami kekerasan dalam hidupnya. Baik karena diperdagangkan, kekerasan dalam rumah tangga, maupun pelecehan seksual. Di tempat ini mereka dibantu untuk menemukan nilai hidup dan mengalami kerahiman Allah. Sehingga mampu bangkit kembali, memilih dan menentukan masa depan yang membawa kehidupan.


Semoga mereka yang diasuh di Bhakti Luhur dan Shelter Gembala Baik selalu mendapatkan kehangatan kasih Tuhan. Lewat tangan dan hati para suster dan pengasuh. Dan dari kita juga?

(JS)

Yayasan Bhakti Luhur Jakarta
Sr. Cecilia Rukiyah ALMA 0813.4375.3369
BCA 0063001888
a/n Yayasan Bhakti Luhur


Shelter Gembala Baik
Sr. Caecilia Supriyati RGS 0812.9200.0230
BCA 3423304584
a/n Eny Susilowati















Diberdayakan oleh Blogger.