Header Ads

KPKS SANTO PAULUS

Cabang Tangerang

Review Webinar Menggereja Di Era Metaverse (28 Feb 2022)


Kata "metaverse" belakangan ini menjadi populer setelah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, mengungkapkan visinya untuk membangun sebuah dunia virtual bernama metaverse. Maka SEMA KPKS Tangerang tergerak untuk membuat webinar bertema "Menggereja di Era Metaverse" dengan Romo Anton Baur, Pr sebagai narasumber-nya.



Webinar diadakan pada hari Senin 28 Februari 2022 pagi (hari libur nasional) dengan peserta terdaftar 500 orang lebih. Dengan jumlah peserta yang melebihi kapasitas, maka webinar diadakan via Zoom dan Youtube (link terbatas). Peserta terdiri dari angkatan 5, 6 dan 7 yang masih aktif, alumni, Pengurus Inti, beberapa Romo, para pengajar, para sponsor, donatur, dan umum.


Romo Anton Baur memulai materinya dengan mengajak peserta untuk melihat tanda-tanda jaman. Kemudian Romo membawa peserta dengan pertanyaan-pertanyaan reflektif, menelaah dokumen-dokumen gereja dan prinsip-prinsip dari Gereja. Metaverse adalah sebuah sarana. Gereja didirikan oleh Tuhan Yesus sendiri. Supaya gereja bisa tumbuh, ada pilar-pilar yang harus ada: koinonia, diakonia, liturgia, kerygma, martyria, poimenik. Pewartaan di dunia yang 'baru' hendaknya meneladani Santo Paulus yang walaupun ditolak tetapi tetap bersaksi.


Dalam beberapa kesempatan Romo Mardiatmadja berkenan memberikan tambahan penjelasan sesuai pertanyaan dari moderator.



Webinar yang menjelajahi dunia virtual ini, tidak melupakan dunia nyata. Panitia mengajak peserta untuk berbagi kasih kepada kaum KLMTD (Kecil, Lemah, Miskin, Tersingkir, Disabilitas), yang salah satunya adalah Yayasan Bhakti Luhur.  Penjelasan tentang Yayasan Bhakti Luhur disampaikan oleh Sr. Cicilia Rukiyah ALMA.


Pada akhirnya, seperti yang disampaikan oleh Romo Lukas Sulaeman, OSC (Kepala Sekolah KPKS St Paulus Cabang Tangerang), mudah-mudahan kita bisa memetik manfaat besar di era metaverse. Dan semoga webinar ini membantu kita dalam cara kita beriman dan hidup menggereja secara umum.

(Julius Saviordi)



Diberdayakan oleh Blogger.