Header Ads

KPKS SANTO PAULUS

Cabang Tangerang

Misa Pembuka Angkatan 9 dan Kuliah Umum (29 Juli 2023)



Langit biru dan udara cerah di hari Sabtu pagi, 29 Juli 2023 mengiringi langkah penuh semangat para siswa baru Angkatan 9, angkatan lain di atasnya yakni Angkatan 6, 7 dan 8, Pengurus Inti, dan alumni untuk hadir bersama-sama merayakan Misa Pembuka Tahun Ajaran Baru 2023/2024 KPKS Santo Paulus, Tangerang dan Kuliah Umum.  Penyelenggara acara ini adalah Senat Mahasiswa Angkatan 7, bertempat di aula Gereja Katolik St. Helena, Paroki Curug, Tangerang, mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00.



Para siswa baru dari Angkatan 9 berjumlah 125 orang dikenali dari kemeja  putih yang digunakan, sebelum nantinya mereka memiliki kaos angkatan yang disepakati seluruh anggota angkatan.  Terlihat para anggota angkatan di atasnya berkelompok berdasar warna kaos yang seragam. Angkatan 6 dengan kaos seragam hijau elektrik daun pisang muda, Angkatan 7 mengenakan kaos warna biru benhur, dan Angkatan 8 berkaos seragam ungu terong.




MISA DAN PENYAMBUTAN


Misa pembuka tahun ajaran baru 2023/2024 dilaksanakan secara konselebrasi oleh Pastor Lukas Sulaeman, OSC sebagai konselebran utama dan Romo V. Indra Sanjaya, Pr.  Suasana khidmat melingkupi semua yang hadir dan semua bersyukur atas proses penerimaan Angkatan 9 yang lancar.



Dalam sambutannya, Pastor Lukas sebagai Kepala Sekolah KPKS Santo Paulus Tangerang berharap agar semua mahasiswa Angkatan 9 betah hingga akhir tiga tahun masa studi di KPKS Santo Paulus dengan membangun spirit kerja sama dan saling membantu, sehingga masa tiga tahun nyaman dilalui dan tiba-tiba tersadar "... Lho kok sudah selesai". 



Ketua SEMA, Michael Rizal, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru Angkatan 9 dan berpesan agar terus menjadi satu kesatuan yang komit menyelesaikan studi selama tiga tahun, menikmati dan menjalankan bersama dalam kelompok. Belajar di KPKS selama tiga tahun semoga menambah wawasan tentang agama Katolik, sarana pertumbuhan iman kita dan semakin berkontribusi bagi pelayanan di paroki masing-masing.



Pengurus Kelas Angkatan 9 telah terbentuk dan memperkenalkan diri kepada semua yang hadir. Ketua Kelas Angkatan 9, Sonny Hidajat, menutup perkenalannya dengan pantun semangat makan bakso dan bubur sumsum "Ayo Angkatan 9, sukses dan semangat sampai kelulusan".




KULIAH UMUM


Usai misa syukur dan penyambutan, acara selanjutnya adalah kuliah umum yang dibawakan dengan sangat menarik oleh Romo Dr. V. Indra Sanjaya, Pr. berjudul: "Deuterokanonika: Sejarah dan Makna".



Romo Indra adalah ahli kitab suci sekaligus dosen di Universitas Sanata Dharma yang berkenan menjadi dosen kuliah umum KPKS Santo Paulus Tangerang hari ini.  Beliau memaparkan sejarah kompilasi kanon kitab suci dari sisi Katolik, Kristen (Lutheran) dan Yahudi.


Romo Indra berpesan, bahwa semua perbedaan dalam jumlah kanon kitab suci umat Katolik dan Kristen adalah biasa dan menyangkut soal tradisi.  Beliau berharap semua perbedaan ini tidak perlu saling menghujat, apalagi menggunakan ayat.  Kita harus pahami apa yang kita percaya dan selanjutnya mewartakannya, antara lain dengan belajar di KPKS St. Paulus Tangerang. 


(Verena Istudiyanti Priatmi)

















 


Diberdayakan oleh Blogger.