Header Ads

KPKS SANTO PAULUS

Cabang Tangerang

Catatan dari Webinar "Humor Dalam Kitab Suci" (29 Okt 2022)

YESUS ITU SEORANG YANG ATRAKTIF, HUMORIS DAN OUT OF THE BOX

Catatan Webinar berjudul: "Humor Dalam Kitab Suci.  Yesus pun  Bercanda" pada tanggal 29 Oktober 2022 jam 19.00 - 21.00


“Webinar ini mengundang kita melihat Yesus yang dapat bercanda bersama para muridnya dan kita.  Sisi lain pribadi Yesus yang jarang diangkat di seminar-seminar,“ demikian kalimat sambutan dari Romo Lukas Sulaeman, OSC sebagai Kepala Sekolah KPKS Paulus Tangerang.


Romo Dr. Bobby Steven, MSF sebagai narasumber dengan sangat menarik dan bercanda memaparkan bahwa cukup banyak tindakan dan sabda Yesus dalam Alkitab berunsur humor. Humor adalah cara Yesus untuk menyampaikan bahwa diri-Nya adalah sungguh Allah dan sungguh manusia yang bisa bercanda. Nada humor dan sekaligus ironi dalam perumpamaan adalah bukti kecerdikan Yesus dalam mengajar orang-orang yang sederhana agar mudah diingat. Ya Yesus memiliki cara berpikir yang out of the box. 


Romo Bobby yang seorang doktor ahli Alkitab lulusan Roma memberi kita ruang berpikir dalam  mengolah ayat-ayat dalam Alkitab dari sisi humor agar pewartaan kabar gembira mengakrabkan persaudaraan.  Beliau juga memastikan bahwa Yesus adalah seorang yang sangat atraktif, ramah dan ceria sebagaimana kutipan dalam Markus 10:14 "... anak-anak bahagia berada dekat Yesus, karena Yesus ceria dan ramah pada siapa pun".  Sosok yang viral pada zamannya, yang bahkan membuat seorang kaya Zakheus pun rela berlari-lari dan memanjat pohon agar dapat melihat Yesus yang dikerumuni para fans.


Beberapa kendala dalam mempelajari humor dalam Alkitab adalah karena penerjemahan dari bahasa asli berupa permainan kata tertentu yang menjadi hilang saat diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani, Ibrani dan Indonesia.  Misal  ironi perumpamaan bahasa Aram kata galma (nyamuk) dan gamla (unta) dalam Mat 23:24 yakni: "Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, nyamuk (galma) kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta (gamla) kamu telan". 


Sebanyak 269 peserta yang antusias melewatkan Malam Minggu dengan mendengarkan pemaparan Romo Robby mendapatkan pencerahan bahwa mempelajari Alkitab atau Injil juga menggembirakan. Karena arti kata Injil sendiri dalam bahasa Yunani (euanggelion) adalah kabar gembira. Para pemenang doorprize webinar sebanyak 10 orang mendapatkan kabar gembira yang nyata dan "pasti kuat doanya" (mengutip pembawa acara Natalia).  


Webinar yang sangat menarik ini diselenggarakan dengan sukses melalui Zoom dan Youtube oleh SEMA KPKS Paulus Tangerang yang diketuai Rosa Maria Gani bersama tim panitia antara lain Natalia yang ceria sebagai pembawa acara, host Erik, pendoa Aris, serta dibantu Yanti, Leo, Evelyn, Dewi dan Emi. Para pemirsa menunggu webinar menarik selanjutnya dari SEMA KPKS Paulus Tangerang.


(Verena Istudiyanti Priatmi)
















Diberdayakan oleh Blogger.